Kamis, 06 Oktober 2011

Makna Pramuka Bagi Saya, Awal Mula Saya Mengikuti Organisasi Pramuka dan Pengalaman Saya Mengikuti Organisasi Pramuka

Pramuka itu bagi saya sudah seperti rumah kedua. Anggotanya sudah seperti keluarga bagi saya. Pembinanya sudah seperti orang tua bagi saya.
Di pramuka, bahu membahu adalah hal yang utama. Mandiri menjadi tujuan. Dan kebersamaan menjadi akar utama. Tidur dimana saja itu sudah menjadi hal biasa, makan seadanya tanpa mengeluh.

Menurut saya, pramuka adalah organisasi paling mengasikan yang pernah ada. Makna pramuka, pramuka adalah organisasi yang mengutamakan kemandirian, persaudaraan dan tolong menolong.
Saya mungkin sampai tua bisa ikut organisasi pramuka terus menerus. Cita cita saya di pramuka adalah menjadi pramuka tingkatan tertinggi. Saya tidak tau kapan, tapi saya harap saya bisa menjadi pramuka tingkat tertinggi.

Awal mula saya masuk pramuka adalah, pada saat saya duduk di kelas 5 SD. Saat itu saya mengikuti Jambore Ranting. Setelah mengikuti Jambore Ranting, saya jadi tau bahwa organisasi pramuka itu, adalah organisasi yang sangat menyenangkan. Maka dari itu, sebelum saya masuk SMP, saya dan teman teman saya berencana akan ikut organisasi pramuka disekolah. Dan benar, ketika saya duduk di kelas 7 SMP, saya mengikuti organisasi pramuka. Pada saat kelas 7 juga, saya kembali mengikuti jambore ranting. Karena saya masih junior, saya belum tau apapun. Jadi saya hanya mengikuti kakak kelas saya. Beberapa waktu kemudian, saya di test SKU, dan tak lama kemudian saya dilantik menjadi pramuka ramu.

Pada saat saya duduk di kelas 8 SMP, saya dan anggota lain mengikuti lomba di SMK 2 PGRI. Rasanya lelah, namun menyenangkan. Dan dari situ saya juga dapat keahlian baru. Saya kembali mengisi SKU. Dan tak lama kemudian saya dilantik menjadi Pramuka rakit. Saya juga mendapat banyak TKK. Tak lama kemudian, saya dan anggota lain kembali mengikuti lomba di SMK 1 CIKAMPEK. Lombanya sangat menyenangkan. Walau perjalanan agak jauh. Dan tak sia sia. Tak lama kemudian, setelah lomba saya dilantik menjadi pramuka terap.

Pada saat saya duduk di kelas 9, saya mengikuti jambore ranting. Lomba lombanya sangat mengasikan. Dan disana juga saya mendapat teman baru yang ramah dan baik.
Mungkin di kelas 9 ini, saya tidak akan terlalu aktif dalam organisasi ini. Karena saya juga harus menyiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional.

Sebenarnya masih banyak yang belum saya ceritakan. Tetapi saya fikir ini cukup.

Terima kasih telah membaca.

Salam Pramuka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar