Senin, 31 Oktober 2011

Pengalaman saya di organisasi lainnya

Selain Pramuka, saya juga tertarik mengikuti organisasi sekolah. OSIS (organisasi intra sekolah).
Ceritanya begini, singkatnya pertama kali saya berminat mengikuti organisasi (Osis), pada saat MOS (masa orientasi siswa) tahun 2009.

Pada saat MOS, saya mendapat kelas di gugus 8. Gugus R.A.Kartini. Pada saat MOS, saya di bimbing oleh kakak Osis, saat itu kakak saya juga kebetulan salah satu staff Osis di sekolah. Jujur, saya kagum karena kakak Osisnya kreatif, ramah, baik, lucu, pintar berbicara, dan semua hal yang mengarah kesana. Dari situ, saya mulai tertarik dan berniat mendaftarkan diri menjadi staff Osis di sekolah saya, SMPN 1 Klari. Sepertinya menjadi Osis itu menyenangkan!

Setelah pembagian kelas, saya mendapat kelas 7H. Teman-teman di kelas 7H lumayan menyenangkan walaupun ada juga yang sedikit menyebalkan. Kira-kira akhir semester 1. Ada berita bahwa sebentar lagi akan ada pemilihan staff Osis tahun ajaran baru 2009/2010. Sayapun langsung berbicara pada ketua kelas saya, bahwa saya ingin mendaftarkan diri menjadi staff Osis. Untuk pendaftaran saja sudah sulit. Karena setiap kelas hanya boleh mengirimkan 3 wakil calon staff Osis baru. Tapi saya beruntung! Akhirnya saya terdaftar sebagai calon staff Osis baru.

Beberapa hari setelah saya terdaftar sebagai calon staff Osis, kakak-kakak Osis mendatangi setiap kelas dan memberitahu bahwa pulang sekolah akan diadakan test untuk menentukan diterima atau tidaknya kita menjadi staff Osis. Setelah pulang sekolah semua calon staff Osis berkumpul di depan tiang bendera. Lalu kakak-kakak Osis memberi pengarahan. Dan semua calon staff Osis pun menempati tempat yang sudah di tentukan. Setiap orang duduk menyendiri. Kakak-kakak Osis mengawasi. Test dimulai, semua tak ada yang berbicara sampai waktu habis. Soal testnya mencakup semua perangkat sekolah dan seluruh warga sekolah. Adapun soal logika. Setelah test selesai, saya pulang dengan perasaan yang berdebar-debar. Saya pikir, saya tidak akan di terima menjadi staff Osis.

Beberapa hari setelah test, saya penasaran saya di terima menjadi staff Osis atau tidak. Tak lama kemudian, nama saya dipanggil dengan menggunakan mike yang pastinya itu terdengar ke seluruh sekolah! Begini katanya: “Panggilan kepada Ega kelas 8A, Heru kelas 8A, Tita kelas 8G, Fajar kelas 8A, Erin kelas 7H, Fairuz kelas 7F. Ditunggu di depan rung guru!” Ternyata yang memanggil saya itu adalah kakak ketua Osis Kak Ajeng. Saya bingung bercampur takut. Ketika saya turun dan pergi ke ruang guru, di sana sudah ada 3 kakak Osis. Lalu kakak Osis itu memberitahukan bahwa kami ber-6 adalah "CALON KETUA OSIS" Saya kaget dan tidak percaya! Kakak-kakak Osis pun memberitahu bahwa kami ber-6 harus membuat pamplet yang berisi nomor urut, foto, nama, kelas, visi dan misi, dan masih banyak lagi. Mereka mengundi nomor urut, dan saya mendapat nomor urut 4. Pampletnya harus tersebar keesokan harinya.

Saya senang telah menjadi staff Osis. Teman-teman saya pun sangat mendukung. Tapi saya masih takut (deg-degan) mengapa harus saya yang jadi calon ketua Osis. Sayapun menyiapkan pamplet. Saya terlambat! Pamplet saya belum saya fotocopy. Akhirnya saya baru bisa menempelkan pamplet di setiap kelas pada waktu jam istirahat tiba. Untungnya teman teman saya mau membantu untuk menempelkan pamplet tersebut. Terima kasih teman teman :)

Setelah beberapa hari kemudian, kami ber-6 kembali di kumpulkan. Kakak Osis pun memberitahukan kepada kami bahwa besok akan ada kampanye besar-besaran. Kakak ketua Osis berkata: "besok akan ada kampanye besar-besaran untuk kalian! Segera siapkan pidato dan visi misi kalian untuk disampaikan ke seluruh siswa SMPN 1 Klari!". Saya semakin takut dan jantung saya semakin berdegup kencang!

Keesokan harinya, adalah hari dimana saya dan kandidat lain akan berpidato. Pertama, kak Fajar Ismoko. Pidatonya bagus! Saya semakin gugup! Yang kedua, Fairuz dia sangat berani. Pidatonyapun sangat bagus. Yang ketiga, kak Ega. Suaranya lantang. Aku semakin gugup, tanganku dingin, mengingat setelah kak Ega berpidato, giliran aku yang berpidato! Dan, kak Ega pun selesai! Kini giliranku. Baru pertama kali ini aku berbicara di depan kurang lebih 1.700 siswa. Aku gugup. Sangat gugup! Tapi aku jalani saja! Dan ternyata aku berhasil. Semua orang bertepuk tangan. Aku lega sekali. Lalu selanjutnya kak Tita. Pidatonya bagus sekali, apalagi kak Heru! Aku semakin gugup!

Beberapa hari setelah kampanye, kini saatnya pemilihan! Wow.. pemilihannya seperti pemilihan Presiden!
Aku takut tidak ada yang memilihku nanti. Tapi aku harus tetap optimis! Pemilihan berlangsung sampai sore hari. Aku lelah! Setelah itu, aku makan bersama dengan semua staff Osis (kakak-kakak).
Besok adalah penghitungan suara! Ternyata yang menjadi ketua Osis adalah Kak Ega Erlangga! Banyak sekali yang memilih kak Ega. Sekitar 600 orang lebih! Wakilnya adalah Kak Fajar Ismoko. Lalu Sekretasrisnya adalah Kak Heru Sanjaya, Wakil sekretarisnya, Fairuz Zamharir Akbar. Lalu aku? aku bendahara 1 Osis dengan 95 suara. Lumayan untuk permulaan. Dan wakil bendahara adalah kak Tita Nurmilah.

Aku lega setelah semuanya berakhir! Tak lama kemudian diadakan LDKS dan pelantikan Osis! Dan setelah itu, aku resmi menjadi staff Osis SMPN 1 Klari. Senang rasanya! Memang awalnya aku belum mengenal orang-orang lain. Tapi akhirnya aku kenal dan menjadi sangat akrab dengan mereka! Mereka menyenangkan! Terutama, aku sangat akrab dengan kakak kakak semuanya. Mereka sudah seperti saudara!

Jujur saja, jadi staff Osis itu melelahkan. Tapi kita dapat menikmati hasilnya nanti. Kalau kita sudah besar nanti, kita dapat menikmati hasil dari perjuangan kita sekarang. Jangan mengeluh dan hadapi saja dulu. Nikmati dan jalani. Semua akan terasa ringan. Tidak terasa, saya menjadi staff Osis sudah 1 tahun. Akhirnya saya naik ke kelas 8 dan kembali menjadi staff Osis. Saya merasakan mengajar MOS siswa kelas 7 baru. Ternyata tidak gampang berbicara di depan kelas! Cukup menyenangkan! Saya masih ingat, ketika siswa kelas 7 berkata: "kak.. kak.. minta tanda tangannya kak! kak.. kak.. saya dulu kak, saya dari tadi kak!" hahaha saya berasa hebat ! Saya tidak menyangka, saya menjadi "CALON KETUA OSIS" untuk yang kedua kalinya! Kali ini calonnya, Dimas Suryo, Bagas Restu, Dhita Yoana, Agus Septiyana dan Deviana Sekarsari. Karena sudah pernah menjadi calon ketua Osis, kini saya tidak terlalu gugup lagi. Dan dapat berpidato dengan santai. Walaupun pidatonya sedikit tidak nyambung. Karena saya kurang persiapan!

Setelah pidato, beberapa hari kemudian diadakan kampanye tim sukses! Saya bingung, siapa yang mau menjadi tim sukses saya! Tetapi teman teman saya baik! Mereka spontan langsung bernyanyi di depan semua orang. Saya hanya bisa tersenyum melihatnya. Dan saya hanya bisa melambai-lambaikan tangan kepada seluruh siswa. Terima kasih ya teman-teman, kalian sudah mau menjadi tim sukses aku! :') Kalau di sebutin, aku takut ada yang gak kesebut nanti.

Setelah itu, beberapa hari kemudian lagi, diadakan pemilihan! Dan ternyata saya kembali menjadi bendahara 1. Mungkin sudah takdir saya menjadi bendahara 1 lagi. Yang menjadi ketua Osis adalah Dimas Suryo, wakil ketuanya Bagas Restu. Sekretarisnya Dhita Yoana dan wakilnya Agus Septiyana. Wakil bendahara, Deviana Sekarsari.

Kali ini yang memilihku lumayan banyak yaitu 175 orang. Seperti biasa, setelah test pemilihan Osis baru, diadakanlah LDKS. Lalu pelantikan, dan saya kembali menjadi staff Osis. Awalnya saya sangat tidak suka dengan staff Osis yang baru ini, karena kerja samanya kurang. Tapi setelah di jalani yah lumayan juga. Banyak kekesalan dan tidak sedikit kesenangan.

Program Osis yang baru yaitu pertandingan volly antar kelas. Saya masih ingat waktu itu kelas 8C melawan 8K putri. Saya menjadi hakim garis. Tapi perkataan saya tidak diindahkan! Siapa yang tidak kesal kalau perkatannya tidak diindahkan? Saya sabar dan pulang kerumah dengan hati kesal.

Tugas Osis saat itu adalah mengawasi UN kelas 9. Kamipun mengawas. Setelah itu semuanya dinyatakan lulus. Nah, kita harus bersiap untuk melakukan persiapan acara perpisahan. Setelah selesai acara, kami beres beres dan berfoto sebentar. Tak terasa waktu bergulir dengan cepat! “TIME PASSES QUICKLY”. Saya pun naik ke kelas 9.

Saya pun kembali mengajar pada saat MOS. Saya kembali di mintai tanda tangan oleh siswa kelas 7 baru. Saya membuat 1 kelas menangis tersedu-sedu. Maafin kakak ya J. Itu demi kebaikan kalian. Setelah MOS selesai saya menempati kelas baru yang katanya unggulan. Yaitu kelas 9C. Di kelas 9C, Osisnya ada 11 orang. Jadi jika ada panggilan, 11 Osis tadi keluar dan kelas jadi terasa sepi.

Di kelas 9 ini, saya baru 1 kali menjadi tura (pengatur acara) pernah waktu kelas 8, tetapi upacaranya tidak jadi. Saya tidak bisa menahan senyum saat ada di depan. Jadi saya tersenyum. Fairuz, salah satu murid 9C berkata:”Erin tadi jadi tura senyum-senyum. 9C ketawa tau”. Aku hanya bisa tersenyum mendengarnya.

Sebentar lagi Qurban akan diadakan di SMPN 1 Klari. Mungkin itu program terakhir yang bisa saya ikuti. Hampir lupa. Saya pikir, program yang akan saya jalani tinggal 4 atau 3 lagi. Diantaranya, Qurban, Class meeting, LDKS, pemilihan ketua Osis baru. Selebihnya begitu.

Saya harap pengalaman saya dapat bermanfaat. Jadilah berani dan jujur. Juga jangan mengeluh karena semua akan terasa saat kita sudah dewasa nanti.

Terima kasih telah membaca J

1 komentar: